Pages

Saturday 13 August 2016

Completing the 2nd Challenge

For the 2nd challenge, I was asked to brainstorm to answer this quetion: Apa saja kemampuan yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dengan tujuan seperti yang kamu bayangkan?

These are the steps to complete this challenge:

  1. Pahami pertanyaan yang menjadi topik brainstorming.
  2. Curah pendapat. Catat seluruh hal yang terpikir olehmu sebagai jawaban dari pertanyaan di atas, minimal 10 kemampuan. Pada tahap ini tidak perlu pikir panjang atau mempertimbangkan tentang betul atau salah. Tidak perlu juga berpikir apakah kamu sudah mampu melakukannya atau tidak.
  3. Klarifikasi maksud pendapat.  Pastikan kamu paham maksud pendapat yang sudah kamu curahkan dan bisa menjelaskannya bila ditanya maksudnya oleh orang lain
  4. Evaluasi pendapat. Periksa ulang seluruh pendapat yang terkumpul, hilangkan duplikasi dan kombinasi yang sejenis.
  5. Kelompokkan hasil curah pendapat yang telah dievaluasi ke dalam kategori* sesuai Dasa Dharma Pramuka (bila ada yang cocok)
  6. Kenali dirimu dengan memberi tanda (icon) pada kemampuan yang sudah kamu kuasai.


This is what I did for no. 2:


This is what I answered to no. 4:

 My answer for no.5:


And this for no.6:

I made my answer for no.6 differently. The instructions asked me to put icons on the abilities I could do already, but there are some of the abilities that I can and can't do. You'll see. 

After that I was asked to answer these questions:
  1. Bagaimana kamu memahami penjelasan tantangan ini? Misalnya melihat kamus untuk memahami arti kata dalam penjelasan, berdiskusi dengan orangtua dll.
  2. Apa yang menurutmu menarik saat mengerjakan tantangan ini?
  3. Apa yang kebingungan/kesulitan/kendala yang kamu rasakan/temui ketika mengerjakan tantangan ini? (bila ada)
  4. Apa hal baru yang kamu ketahui/pelajari dari tantangan ini?
My answers:

1. My mom, my friend Yla, and Wikipedia helped me to understand the Indonesian words and sentences that I didn't understand.

2. What I think is interesting when I'm doing this is that I didn't really know the total amount psychologic/mental abilities I could and couldn't do until I wrote it down. Sometimes writing just helps you divulge yourselves.

3. I don't really understand a lot of the Indonesian words

4. The thing that I learned from this challenge is that I have to improve myself a lot. Although I'm already aware of it.  







No comments: